Versi Hybrid Raize Segera Muncul

Versi Hybrid Raize Segera Muncul?

Others

Buat Anda yang ingin punya SUV versi kecil kategori hybrid, sepertinya bisa segera mendapatkan salah satu pilihan melalui versi hybrid Toyota Raize. Walaupun belum tahu kapan akan meluncur di Indonesia, tapi kabarnya akan segera melenggang di jalanan negeri sakura.

Mobil besutan Toyota yang satu ini, pertama kali dikenal sejak tahun 20019 silam. Tepatnya dalam salah satu acara show motor di Jepang. Sedangkan di Indonesia, rilis pada awa 2021 lalu dan langsung mengundang peminat yang cukup banyak.

Apa Beda Versi Hybrid dengan Toyota Raize Pendahulunya?

Jika dilihat dari tampilannya, memang agak berbeda dari versi Raize yang baru rilis di Indonesia April 2021 lalu. Tapi, memang belum bisa dipastikan kapan mobil 1.200 cc ke atas tersebut akan masuk Indonesia karena kabarnya baru akan rilis di Jepang pada awal November mendatang bersamaan dengan Daihatsu Rocky versi hybrid.

  • Bahan Bakar Lebih Irit

Mengingat mesin yang digunakan sudah mengadopsi mesin dengan respon lebih cepat, kemudian torsi lebih besar. Alhasil, penggunaan bahan bakar akan lebih irit jika dibandingkan mesin yang ada pada mesin manual seperti yang ada pada SUV tersebut saat ini.

  • 100 Persen Menggunakan Motor Elektrik

Mengusung sistem hybrid 100 persen, motor penggerak pada mobil Toyota Raize versi hybrid juga 100 persen bergantung pada motor listrik. Sehingga bunyi mesin akan lebih halus, bahkan tanpa bunyi ketika dikendarai. Ditambah pula, akselerasi juga cukup tinggi terutama jika dipakai pada jalanan mulus dan lancar.

  • Bisa Jadi Salah satu Hybrid Terbaik Toyota

Jika memang rilis akhir tahun ini, seperti janji pihak Toyota beberapa waktu lalu maka versi hybrid dari SUV kecil ini akan masuk dalam daftar 10 mobil listrik yang akan dikeluarkan Toyota. Mengingat banyaknya peminat mobil berbahan bakar listrik tersebut.

  • Harga Bersaing

Memang, untuk tempat rilis pertama adalah Jepang sebagai lokasi produsen utamanya. Tapi, bocoran dari harga mobil tersebut juga sudah didapat. Untuk tipe Z berkisar Rp. 297 juta dan untuk tipe G berkisar Rp. 276 juta.

Keunggulan Mobil Toyota Versi Hybrid

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki mobil versi hybrid yang dikeluarkan oleh Toyota. Jika memang Anda tertarik memilikinya, perlu tahu apa saja keunggulan dari kendaraan roda empat sistem listrik tersebut. Berikut ini beberapa diantaranya:

  • Pakai Transmisi Jenis CVT

Continous Variable Transmission (CVT) merupakan salah satu transmisi yang akan membantu pengemudi, agar tidak lagi merasakan ketika melakukan perpindahan gigi. Alhasil, kenyamanan saat menjadi penumpang maupun mengemudikan mobil tersebut.

  • Getaran Sangat Minim

Jika dibandingkan dengan mesin manual, yang biasanya menimbulkan bunyi ketika dihidupkan, versi hybrid sangat minim getaran karena semua komponennya berbasis listrik.

Jadi, ketika dialihkan dari versi bensin menjadi listrik akan membuat mesin lebih halus dan getarannya tidak akan dirasakan. Baik saat berhenti, maupun ketika sedang melaju di jalanan.

  • Emisi Gas Buang Juga Minim

Penggunaan bahan bakar bensin yang sangat sedikit, menyebabkan emisi gas buang yang dihasilkan melalui sistem pembuangan sedikit jika dibandingkan penggunaan mesin bensin apalagi diesel.

  • Bahan Bakar Minyak Lebih Irit

Karena adanya perpaduan antara penggunaan mesin berbasis bensin dengan listrik, maka mobil Raize akan sangat irit bahan bakar. Sebab, selama mobil digunakan tak melulu menggunakan sistem listrik.

Kekurangan Mobil Toyota Versi Hybrid

Selain memiliki beberapa keunggulan, mobil bertenaga elektrik juga memiliki sejumlah kekurangan. Perlu untuk diketahui, agar nantinya saat memiliki salah satu unit kendaraan tersebut maka Anda bisa lebih meminimalisir kekurangan tersebut.

Pertama, ketika mobil tersebut rusak maka biaya perbaikannya akan lebih mahal dibanding mobil manual bahkan matic. Hal ini disebabkan komponennya juga masuk kategori sulit dibuat sehingga berharga tinggi seperti baterai dan motor jenis elektriknya. Berdasarkan survei, ketahanan baterainya maksimal hanya sembilan tahun untuk pemakaian normal.

Kedua, untuk memiliki satu unit kendaraan ini dibutuhkan anggaran yang tidak murah. Bisa mencapai ratusan juta tergantung kategori dari oto tersebut.

Ketiga, jika dipakai di jalanan yang ramai pengendara motor dan juga pejalan kaki harus berhati-hati supaya tidak terjadi tabrakan. Sebab, bunyi mesinnya nyaris tak terdengar.

Demikianlah informasi terbaru soal kemungkinan masuknya mobil Raize versi elektrik ke Indonesia, lengkap dengan keunggulan dan plus minusnya. Apakah Anda mau memiliki salah satunya?