Tips Tentukan Makanan Kucing Sesuai Kebutuhannya!

Tips Tentukan Makanan Kucing Sesuai Kebutuhannya!

Others

Kucing adalah hewan karnivora yang membutuhkan protein juga lemak sebagai sumber energi. Jadi, makanan kucing terbaik pastinya makanan yang mengandung protein dan lemak sebagai nutrisi utamanya. Protein dan lemak dapat ditemukan pada daging ayam, daging sapi, ikan tuna, ikan salmon dan sumber protein dan lemak lainnya.

Jika Anda ingin memelihara kucing, pastikan Anda selalu konsisten dalam memberikan yang terbaik untuknya. Salah satunya Adalah pemilihan makanan untuknya. Anda harus mengetahui terlebih dahulu makanan yang tepat untuk dikonsumsi si kucing. Karena makanan yang tidak tepat, bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada kucing. Berikut ini tipsnya:

1.      Perhatikan Umur Kucing

pada setiap tahapan usianya, kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda seperti anak kucing yang membutuhkan protein dan lemak yang lebih tinggi dibandingkan kucing dewasa. Berdasarkan Food and Drug Administration (FDA), anak kucing memerlukan paling sedikit 22% protein dan 8% lemak. Sedangkan kucing dewasa memerlukan paling sedikit 18% protein dan 5% lemak. Kebutuhan protein dan lemak yang tidak tercukupi dapat menyebabkan kucing terganggu pertumbuhannya.

kitten jika dibandingkan dengan kucing dewasa, membutuhkan vitamin dan mineral yang lebih tinggi. Ini dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan tulang dan giginya. Kebutuhan kalori pada anak kucing bisa 3 kali lebih banyak karena di usia awal kucing akan mengalami pertumbuhan yang pesat. Sedangkan untuk kucing dengan usia dewasa, pertumbuhanny akan mengalami perlambatan. Oleh karena itu, hati-hati dalam memberikan makanan untuk kucing karena kebutuhan mereka pastinya berbeda-beda.

2.      Perhatikan Kebutuhannya

Jika Anda memelihara kucing, pastikan makanan kucing sesuai untuk kebutuhannya. Misalkan kucing Anda sedang hamil atau menyusui, pastikan produk tersebut cocok untuknya. Untuk kucing yang mengalami obesitas atau diabetes, bahkan untuk kucing yang sedang menjalani diet, berikan makanan yang rendah lemak agar tidak memperparah masalahnya.

Untuk kucing yang memiliki alergi atau pencernaan sensitive, pilihkan makanan kucing grain-free agar mencegah timbulnya masalah pencernaan. Untuk kucing yang disteril, pilihkan makanan yang cocok untuknya. Untuk Anda yang ingin melebatkan bulu kucing, pilih makanan yang diformulasikan untuk melebatkan bulu serta mencegah timbulnya hairball. Penting untuk Anda memperhatikan kebutuhan kucing Anda.

3.      Perkirakan Budget

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah biaya untuk makanan kucing. Berikan makanan yang berkualitas namun sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Saat ini banyak pilihan makanan kucing yang berkualitas dengan harga sesuai kantong. Jangan sampai biaya makan kucing menjadi beban keuangan Anda.

Itulah 3 tips memilih makanan yang tepat untuk kucing Anda. Pilih makanan kucing yang sesuai dengan kesukaannya dengan tetap memperhatikan kandungan makanan yang tinggi protein, lemak, vitamin dan mineral sehingga kucing tetap sehat dan bahagia.