Solusi Anak Susah Makan, Berikut Beberapa Tipsnya

Solusi Anak Susah Makan, Berikut Beberapa Tipsnya

Parenting

Salah satu masalah yang banyak dialami oleh para orang tua adalah anak yang susah makan. Tentunya masalah ini tidak bisa dibiarkan, karena dapat mengakibatkan anak mengalami malnutrisi atau kekurangan asupan nutrisi dalam tubuh, dan hal tersebut akan mempengaruhi pertumbuhan anak. Berikut adalah solusi anak susah makan yang bisa Anda coba.

1. Berikan Porsi Kecil

Solusi pertama yang bisa Anda coba adalah dengan memberikan anak makan dengan porsi kecil. Namun tetap, meskipun dengan porsinya yang kecil, Anda harus memenuhi kebutuhan gizinya. Sehingga anak bisa tetap mendapatkan nutrisi dan tidak membuang makanan secara sia-sia. Lakukan cara ini secara bertahap, dan selalu pantau anak Anda.

2. Libatkan Anak

Melibatkan anak dalam memilih makanan serta mengajaknya memasak bisa menjadi salah satu solusi untuk anak yang susah makan. Dengan begitu, kita bisa tahu, apa saja yang mereka inginkan dan apa yang tidak mereka inginkan. Selain itu, anak juga bisa berkreasi dan belajar menyiapkan makanan secara mandiri.

Berikan anak Anda kesempatan untuk mengolah makanan, namun tetap dalam pengawasan Anda. Cukup tugas-tugas yang ringan saja, misalnya seperti mengocok telur, menaruh nasi, dan lain sebagainya. Tetap jauhkan anak dari penggorengan atau peralatan dapur lain yang membahayakan keselamatan.

3. Menu yang Beragam

Mungkin yang membuat anak Anda susah makan karena menu makanannya yang itu-itu saja. Jadi, mulai sekarang Anda bisa membuat beberapa menu dalam satu minggu, sehingga anak tidak merasa bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. Anda bisa mengkombinasikan beberapa bahan makanan, dan membuat sebuah menu baru.

4. Konsultasikan dengan Dokter

Langkah terakhir jika Anak masih susah makan, Anda bisa mengkonsultasikan ke dokter spesialis anak. Dengan begitu Anda akan mendapatkan penjelasan dan solusi anak susah makan, serta dokter bisa mengetahui penyebab anak susah makan. Anak susah makan memang susah-susah gampang, maka harus dihadapi dengan sabar.

Selain beberapa solusi diatas , Anda juga bisa memberinya tambahan nutrisi padat kalori. Salah satu produk susu yang bisa membantu anak memenuhi gizinya adalah PediaComplete yang memang dibuat secara khusus untuk anak yang mengalami masalah susah makan. Susu ini diformulasikan secara khusus dan sesuai dengan rekomendasi WHO.

Beberapa kandungannya diantaranya adalah padat kalori 1Kkal/ml Protein berkualitas 3.02/100 Kkal, PE ratio 12%. Ditambah lagi dengan adanya kandungan AA dan DHA yang akan mendukung perkembangan kognitif, serta dengan tambahan campuran lemak nabati dengan MCT 19% lebih mudah diserap sebagai sumber energi.

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang solusi anak susah makan, Anda bisa menerapkan beberapa solusi di atas. Lakukan secara bertahap, karena anak susah makan memang sedikit susah-susah gampang untuk diatasi. Jadi,sebagai orang tua, tentunya harus bersabar dan selalu memperhatikan keinginan anak.