Oncom, Makanan Khas Indonesia Penuh Berbagai Manfaat Untuk Kesehatan

Oncom, Makanan Khas Indonesia Penuh Berbagai Manfaat Untuk Kesehatan

Others

Indonesia memang memiliki berbagai resep makanan yang enak dan khas. Oncom menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer di daerah Jawa Barat. Apakah Anda suka menyantap menu satu ini?

Meskipun terbuat dari ampas atau sisa kedelai pembuat tahu, dan ada juga yang terbuat dari ampas kacang tanah, pati singkong, kelapa, nyatanya makanan ini memiliki banyak manfaat. Apa Anda tahu apa saja manfaat dari makanan fermentasi tersebut? Bagi yang penasaran dengan berbagai manfaatnya, mari simak saja langsung ulasan berikut.

Berbagai Manfaat Oncom

Tak sekadar rasa enaknya, makan ini pun memiliki berbagai manfaat sangat baik untuk tubuh. Sebab dalam 100 gram oncom bisa mengandung berbagai gizi, seperti vitamin B1, B3, protein, lemak, zat besi, kalsium, fosfor, dan sebagainya. Jelas dengan berbagai kandungan gizi ini, oncom memiliki berbagai manfaat sebagai berikut.

1. Untuk Atasi Perut Kembung

Perut kembung dapat disebabkan karena makan makanan yang mengandung oligosakarida. Makan mengandung oligosakarida akan susah dicerna oleh perut sehingga mengakibatkan kembung.

Nah, oncom mengandung enzim alfa-galaktosidase. Enzim ini dapat membantu proses pemecahan oligosakarida di sistem pencernaan sehingga kembung pun akan teratasi.

2. Pengontrol Berat Badan

Manfaatkan selanjutnya adalah cocok untuk Anda yang sedang melakukan diet. Ya, dengan kandungan lemak dan protein dalam makanan ini, oncom bisa membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda tak akan makan berlebihan.

3. Merawat Kesehatan Tulang

Berikutnya memiliki manfaat untuk dapat menjaga kesehatan tulang. Penelitian menunjukkan jika seseorang rajin mengkonsumsi protein dengan cukup maka akan bisa menjaga kesehatan tulangnya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, jika makanan satu ini memiliki kandungan protein.

Dengan memiliki tulang sehat, dapat mengurangi resiko osteoporosis terutama bagi para wanita yang sudah memasuki masa menopause karena lebih tinggi terkena osteoporosis.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Oncom sebagai makanan fermentasi maka jelas memiliki banyak bakteri baik di dalamnya. Studi membuktikan bahwa memakan makanan fermentasi akan mengurangi resiko diarea parah, sembelit, dan perut kembung. Bahkan menu makan ini pun bisa meringankan gejala sakit pada penderita sindrom iritasi usus besar.

Manfaat ini didapat karena bakteri baik pada oncom dapat mengembalikan keseimbangan bakteri di usus dan meringankan berbagai gejala gangguan pencernaan.

Itulah beberapa manfaat akan Anda dapatkan dari mengkonsumsi makanan khas Indonesia yang satu ini. Kadar gizi yang dapat diserap dari oncom pun bergantung dengan jenis oncom yang Anda makan, dan bergantung juga dengan olahan resep masakan yang Anda buat.

Sebuah penelitian menunjukkan jika oncom hitam lebih banyak mengandung protein dibandingkan jenis merah. Pada jenis hitam setidaknya mengandung sekitar 8,6% protein yang per sajiannya, sedang untuk jenis merah mengandung 4,9% saja per sajiannya.