Mengetahui Gejala Tipes yang Terjadi Pada Orang Dewasa

Mengetahui Gejala Tipes yang Terjadi Pada Orang Dewasa

Lifestyle

Tipes atau tifus adalah gangguan kesehatan yang bisa menyerang siapa saja. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa yang memiliki daya tahan tubuh baik pun bisa terkena gangguan kesehatan ini. Oleh karenanya, mengetahui gejala tipes yang muncul menjadi hal penting agar nantinya penanganan bisa dilakukan dengan tepat.

Sumber dari gangguan kesehatan ini adalah bakteri salmonella typhi. Bakteri ini ditemukan dan berkembang dengan cepat di lingkungan rumah yang cenderung kotor, kualitas air yang buruk, makanan yang kurang higienis dan sejenisnya.

Kapan Gejala Tifus Muncul Pada Orang Dewasa?

Perlu diketahui bahwa gejala tipes atau tifus tidak akan langsung muncul ketika proses infeksi terjadi. Hal ini dikarenakan adanya masa inkubasi setelah proses infeksi tersebut. Nah, gejala baru akan muncul apabila masa inkubasi bakteri tersebut usai.

Umumnya, gejala tifus pada orang dewasa muncul setelah 7 hingga 14 hari dari paparan bakteri. Paling lama, gejala tersebut akan terjadi pada hari ke-30. Perbedaan waktu tersebut muncul karena perbedaan kekuatan daya tahan tubuh pada orang dewasa tersebut. Namun, jika daya tahan tubuh sangat lemah, gejala akan muncul hanya dalam waktu 3 hari saja.

Apa Saja Gejala Tifus yang Muncul Pada Orang Dewasa?

Gejala tifus yang muncul pada orang dewasa cukup bervariasi. Tidak hanya itu, gejala tersebut bisa muncul dalam waktu yang cukup lama yakni tiga hingga empat pekan atau lebih dari itu. Intensitas gejala pun cenderung beragam mulai dari gejala yang ringan hingga berat,

Adapun beberapa gejala tifus yang umumnya muncul pada orang dewasa adalah sebagai berikut:

  • Demam

Demam menjadi salah satu gejala tifus paling sering muncul. Hal ini dikarenakan demam merupakan respons peradangan yang muncul ketika sistem imun tubuh sedang melawan infeksi.

Umumnya, suhu tubuh akan meningkat perlahan di pekan pertama. Jika tidak diatasi, demam akan semakin meningkat dan terasa. Tidak hanya itu, penderita akan merasakan demam yang semakin buruk di malam hari.

  • Sakit perut

Bakteri penyebab tifus yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan infeksi pada usus. Oleh karenanya, akan terjadi masalah pada sistem pencernaan. Masalah yang sangat sering terjadi adalah nyeri di bagian bawah perut ataupun peradangan. Tidak hanya itu, keram juga kerap muncul karena serangan bakteri tifus tersebut.

  • Konstipasi

Gejala lain yang terjadi ketika seseorang terkena serangan bakteri tifus adalah konstipasi. Gejala ini muncul karena pelambatan gerakan usus karena infeksi yang terjadi. Tidak hanya itu, konstipasi juga muncul dikarenakan adanya kaitan dengan demam serta dehidrasi yang dialami oleh penderita.

Beberapa hal di atas adalah beberapa gejala tifus yang kerap terjadi pada orang dewasa. Penanganan pada tifus bisa memanfaatkan layanan asuransi kesehatan karena umumnya seseorang yang terkena masalah ini harus mendapatkan perawatan inap.