Manfaat Tanaman Daun Keji Beling

Manfaat Tanaman Daun Keji Beling

Kesehatan

Pernah mendengar tentang keefektifan daun keji beling? Ternyata, daun ini memiliki berbagai manfaat, terutama untuk kesehatan. Keanekaragaman jenis tumbuhan yang ada di Indonesia menjadikan banyak tanaman obat alternatif untuk penyembuhan penyakit dan gangguan kesehatan lainnya.

Seperti adanya rempah-rempah, bahkan daunnya pun bisa dijadikan obat. Salah satunya adalah daun dari tanaman keji beling. Keji beling tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Malaysia, Madagaskar dan negara lainnya.

Manfaat Daun Keji Beling untuk Kesehatan

  • Memiliki Kandungan Antioksidan

Siapa sangka salah satu manfaat daun keji beling adalah untuk menangkal radikal bebas. Hal ini didukung oleh penelitian tahun 2000 yang menemukan bahwa kandungan antioksidan pada daun keji lebih tinggi dibandingkan vitamin E. Penelitian juga merekomendasikan untuk mengonsumsi hingga 5 gram ekstrak daun keji per hari dalam bentuk teh untuk meningkatkan suplai antioksidan dan nutrisi tubuh.

Penelitian serupa pada tahun 2010 juga mendukung manfaat daun keji beling dalam menangkal radikal bebas dan bahkan tidak menemukan zat beracun di dalam daunnya. Antioksidan dalam daun keji terkait dengan kandungan fenol yang tinggi dalam daun keji.

  • Mengobati Luka

Salah satu manfaat daun keji beling, khususnya penyembuhan luka, diuji dalam sebuah penelitian. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 menegaskan manfaat daun keji beling dalam penyembuhan luka. Dalam penelitian ini, jus daun daun keji beling terbukti mempercepat penyembuhan luka pada tikus normal dan diabetes.

Penelitian tersebut mengoleskan ekstrak daun keji beling pada luka tikus dan menemukan bahwa luka yang dibalut dengan ekstrak daun keji beling lebih cepat sembuh dan bekasnya tidak selebar biasanya. Selain itu, luka yang dilapisi ekstrak daun keji mengandung lebih banyak kolagen dan lebih sedikit sel inflamasi dibandingkan tikus lain yang tidak menerima ekstrak daun keji.

  • Memiliki Kandungan Anti-kanker

Manfaat daun keji beling dalam melawan kanker terletak pada kandungan anti kankernya. Telah ditemukan bahwa daun keji beling menekan pertumbuhan sel kanker prostat dan payudara. Tidak hanya kanker prostat dan payudara, sebuah studi tahun 2015 mengklaim bahwa kandungan flavonoid dalam daun keji dapat mencegah pertumbuhan kanker usus besar pada tikus. Ontology Letters juga mencatat bahwa mekanisme anti kanker daun keji akan melawan garis sel kanker hati dan payudara.

  • Bisa Menjadi Tanaman untuk Anti-diabetes

Selain itu, manfaat tanaman ini dapat digunakan sebagai tanaman anti diabetes. Menurut sebuah penelitian tahun 2006, teh yang dibuat dari daun keji beling mengandung antioksidan dan dapat menurunkan gula darah pada tikus. Studi lain pada tahun 2009 menemukan bahwa jus daun keji beling dapat menurunkan kolesterol pada tikus diabetes.

Inilah beberapa manfaat daun keji beling bagi kesehatan. Masih ada banyak manfaat yang bisa ditemukan di daun keji beling. Namun perlu dicatat bahwa beberapa masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat kesehatan satu ini pada manusia. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi Orami.co.id.