Kenali Manfaat Zat Besi untuk Tumbuh Kembang Anak

Kenali Manfaat Zat Besi untuk Tumbuh Kembang Anak

Parenting

Pertumbuhan anak dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah asupan nutrisinya. Sebagai orang tua tentu kita harus senantiasa mendukung pertumbuhannya. Anda juga perlu mengenali fungsi dari berbagai macam nutrisi, salah satunya adalah zat besi. Nah, berikut ini adalah beberapa penjelasan tentang manfaat zat besi untuk mendukung pertumbuhan anak.

1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Manfaat pertama dari zat besi adalah untuk meningkatkan kecerdasan otak. Oleh karenanya, zat besi menjadi penting sekali untuk anak-anak, karena perkembangan otak juga akan ditentukan oleh nutrisi yang mereka dapatkan. Dengan begitu proses belajar pun akan menjadi lebih optimal, namun jangan lupa untuk selalu mendukungnya secara langsung.

Zat besi bisa mendukung dengan membantu pembentukan selaput saraf atau yang disebut dengan mielinisasi. Selaput ini memiliki fungsi untuk membantu proses penerimaan informasi pada otak, dengan begitu perkembangan otak anak akan menjadi lebih maksimal.

2. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Di masa pandemic seperti saat ini, sistem imun sangat penting sekali untuk selalu terjaga, termasuk juga untuk anak-anak. Oleh karenanya, selalu sisipan makanan yang memiliki kandungan zat besi, karena zat ini memiliki kemampuan dalam meningkatkan ketahanan tubuh. Hal tersebut dikarenakan zat besi akan diubah menjadi sumber energi, sehingga akan membantu sistem imun.

Selain itu, zat besi juga akan membantu perkembangan motorik dan pembentukkan sel darah merah, serta hemoglobin. Dengan begitu aliran oksigen ke seluruh tubuh akan menjadi lancar. Saat peredaran darah lancar dan oksigen juga menyebar secara optimal, maka tubuh anak akan menjadi lebih bugar dan bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

3. Mendukung Pertumbuhan Fisik

Manfaat zat besi yang selanjutnya tentunya adalah untuk mendukung pertumbuhan fisik anak. Jadi, Anda akan melihat sendiri bagaimana pesatnya pertumbuhan anak saat mendapatkan asupan zat besi yang sesuai dengan kebutuhannya. Peran dari zat besi disini adalah untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh, dengan begitu seluruh sel akan berfungsi dengan maksimal.

Sel-sel dalam tubuh juga berfungsi dengan baik. Zat besi juga dapat mempengaruhi pembentukan hormon serta jaringan ikat yang ada di dalam tubuh. Dengan begitu, pertumbuhan anak akan menjadi lebih optimal. Anda bisa melihatnya sendiri, dari segi tinggi badan maupun beratnya, pasti akan berada pada nilai yang optimal.

Anda juga bisa mengetahui saat anak mengalami kekurangan zat besi. Beberapa contohnya adalah pucat, pertumbuhannya yang lambat, susah berkonsentrasi atau fokus dan mudah pusing, lemah atau lesu.

Itulah tadi beberapa manfaat zat besi untuk anak. Anda bisa memberinya beberapa makanan seperti dada ayam, hati, telur, ikan, dading merah, bayam dan sayuran dengan daun hijau. Beberapa bahan makanan tersebut memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi, sehingga mampu memenuhi kebutuhan zat besi anak setiap harinya.