Ini Dia 5 Tanda Anak Kekurangan Asupan Gizi

Ini Dia 5 Tanda Anak Kekurangan Asupan Gizi

Parenting

Melihat si kecil bertumbuh dengan baik dan optimal tentu merupakan harapan orang tua. Itulah mengapa penting bagi orang tua memastikan bahwa anak mendapatkan asupan gizi yang lengkap dan seimbang. Pemberian makanan bergizi dan susu Dancow bisa jadi langkah tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi anak di setiap tahap usia.

Tanda Kurang Gizi

Orang tua juga wajib waspada terhadap tanda-tanda kekurangan gizi yang ditunjukkan oleh anak. Bisa saja di tahap pertumbuhannya anak-anak mengalami kurang gizi dan hal ini jelas harus dideteksi sejak dini. Berikut adalah 5 tanda anak mengalami kekurangan gizi:

1. Grafik Pertumbuhan Menurun

Setiap orang tua wajib memantau perkembangan tinggi dan berat badan anak secara berkala. Pengukuran ini biasanya dilakukan setiap bulan dan dibuat sebagai grafik pertumbuhan. Jika grafik pertumbuhan anak selalu meningkat dan berada di area hijau maka status gizi anak baik. Sebaliknya, jika grafik pertumbuhan menurun dan berada di zona merah maka status gizi anak dalam kondisi buruk.

2. Nafsu Makan Menurun

Tanda lain anak kekurangan gizi adalah nafsu makannya menurun drastis. Kondisi nafsu makan anak bisa menjadi salah satu indikator status kesehatan tubuhnya. Jika anak tidak punya nafsu makan yang baik untuk jangka waktu yang lama, maka hal ini bisa mengarah ke kondisi kurang gizi. Ketika anak mengalami gangguan nafsu makan segera cari solusi dan lakukan konsultasi dengan dokter.

3. Anak Selalu Lesu

Tanda lain yang menunjukkan bahwa anak kekurangan gizi adalah ia selalu terlihat lesu dan lemah. Anak-anak harus punya energi yang cukup untuk mengeksplorasi lingkungan. Anak yang kurang gizi biasanya akan lesu dan lemas sehingga tak bisa eksplorasi lebih jauh lagi. Pemberian susu Dancow bisa jadi solusi tepat untuk menambah kebutuhan gizi dan energi anak.

4. Mudah Sakit

Kecukupan gizi pada tubuh anak akan membentuk daya tahan tubuh atau imunitas yang kuat. Sebaliknya, ketika anak tidak mendapatkan asupan gizi yang memadai maka daya tahan tubuhnya akan menurun. Anak yang kurang gizi biasanya akan mudah jatuh sakit karena memang daya tahan tubuhnya lemah. Hal ini tentu akan berpengaruh pada perkembangan anak apalagi jika berlangsung lama.

5. Kulit Kering dan Rambut Rontok

Tanda berikutnya yang menunjukkan anak kekurangan gizi adalah kulitnya terlihat kering dan rambutnya rontok. Asupan gizi yang memadai ternyata juga berpengaruh pada kesehatan kulit dan rambut. Waspadai tanda kekeringan pada kulit dan kerontokan rambut karena ini dapat menjadi indikator anak butuh asupan gizi yang lebih banyak lagi.

Itulah tadi 5 tanda anak mengalami kekurangan gizi. Berikan anak asupan makanan bergizi lengkap setiap hari. Jika perlu, berikan juga susu Dancow untuk mendukung pertumbuhan serta perkembangan anak secara optimal. Anda bisa mendapatkan produk susu ini di toko yang jual perlengkapan bayi online maupun offline.