Gejala Awal Kanker Serviks Sesuai Stadium yang Mesti Kamu Ketahui!

Gejala Awal Kanker Serviks Sesuai Stadium yang Mesti Kamu Ketahui!

Kesehatan

kanker Serviks merupakan kanker yang terjadi pada sel-sel di mulut Rahim atau serviks. Kanker yang ganas ini umumnya disebabkan oleh virus HPV yang ditularkan melalui hubungan seks yang tidak aman.

Kanker leher Rahim pun menempati jenis kanker paling sering terjadi ke 2 setelah kanker payudara. Kedua jenis kanker ini sama-sama banyak memakan nyawa.

Orang-orang yang terkena kanker leher rahim umumnya ialah wanita dengan rentang usia 30 sampai dengan 44 tahun.

Bagaimana Gejala Awal Kanker Serviks Berdasarkan Tingkatan Stadiumnya?

Stadium Kanker.pada kanker leher rahim terbagi menjadi 4 tingkat. Pada setiap tingkatnya tentu terdapat gejala yang berbeda-beda.

Tidak hanya gejala, cara penanganan yang dilakukan oleh dokter juga berbeda untuk setiap stadiumnya. Sudah tahukah kamu apa saja gejala awal yang timbul di setiap stadium kanker leher Rahim? Untuk kamu yang belum tahu, berikut penjelasannya, simak baik-baik ya.

Kanker Serviks Stadium 1

Pada kanker serviks stadium 1, sel kanker belum banyak menyebar ke jaringan ataupun organ sekitarnya. Sel kanker baru berkembang dari permukaan mulut Rahim ke bagian dalam jaringan mulut Rahim. Adapun gejala yang mungkin timbul pada stadium 1 adalah sebagai berikut:

  1. Keluar keputihan dengan bau menyengat dan disertai darah
  2. Perdarahan dari vagina setelah melakukan hubungan seks
  3. Menstruasi cenderung lebih lama dari biasanya, berikut darah yang keluar lebih banyak dari biasanya.

Perlu diketahui bahwa tidak semua penderita mengalami gejala ini,, sebagian orang justru tidak mengalami gejala apapun di stadium 1.

Kanker Serviks Stadium 2

Gejala yang muncul pada penderita kanker leher Rahim stadium 2 hampir mirip dengan gejala pada stadium 1, yaitu:

  1. Terjadi perdarahan dari vagina
  2. Terasa nyeri saat berhubungan seks
  3. Darah menstruasi menjadi lebih banyak
  4. Terasa nyeri pada perut dan area panggul

Kanker Serviks Stadium 3

Pada stadium kanker tahap 3, sel kanker mulai menyebar ke dinding panggul. Tak hanya itu, sel kanker tersebut juga bisa menyumbat saluran ureter, baik salah satu maupun keduanya. Gejala yang muncul pada stadium 3 yaitu:

  1. Diare
  2. Terjadi pembengkakan pada kedua tungkai bawah
  3. Kelenjar getah bening membesar
  4. Nyeri saat berkemih, bahkan bisa saja disertai darah

Kanker Serviks Stadium 4

Pada tahap terparah ini, sel kanker sudah menyebar luas ke organ lain, bahkan organ yang jauh dari serviks sekalipun. Pada tahap ini, gejala yang timbul sudah bukan gangguan pada organ reproduksi saja, melainkan gejala sistemik seperti penurunan berat badan, hilangnya nafsu makan, mudah lelah, dan yang lainnya juga bisa muncul.