5 Tips Membuat Bubur dengan Tekstur Kelembekan yang Pas

5 Tips Membuat Bubur dengan Tekstur Kelembekan yang Pas

Parenting

Memasak bubur untuk si kecil memang membutuhkan proses yang berbeda dengan memasak bubur biasanya. Anda memang bisa menggunakan slow cooker untuk memasak bubur yang lebih mudah, cepat dan praktis. Namun, Anda yang tengah mengalami kendala pemadaman listrik, bisa membuat bubur bayi dengan cara sederhana. Pemilihan bubur Nestle yang lebih praktis bisa mendukung Anda yang membutuhkan menu MPASI lebih cepat.

Hal Penting Dalam Membuat Bubur Bayi

Supaya bubur bayi yang Anda berikan pada si kecil punya tekstur kelembekan yang pas alias tidak terlalu kasar atau terlalu lunak, maka simak beberapa hal penting berikut :

1. Menggunakan bahan beras terbaik

Pastikan Anda memilih beras yang tidak berbau, warna putih cerah dan cuci sampai bersih agar hasil bubur lebih pulen. Untuk pemberian nutrisi yang lebih optimal, sebaiknya gunakan beras merah yang mengandung nutrisi lebih tinggi dibandingkan beras putih biasa.

2. Perhatikan takaran air

Untuk membuat bubur bayi, sebaiknya pertimbangkan takaran air yang tepat sesuai jumlah bubur. Anda bisa menambahkan takaran untuk kualitas bubur lebih lembek yang pas, atau bisa menambahkan air secara bertahap demi menjaga tekstur bubur yang sesuai usia si kecil.

3. Masukkan saat air mendidih

Jangan langsung memasak air dengan beras sebab bisa membuat tekstur lebih encer. Masukkan beras saat air mendidih agar tekstur bisa lebih kental dan menyatu, ya! Pasalnya, Anda yang hendak membuat bubur tim akan memasak beras yang sudah berubah tekstur dengan tambahan bahan lain seperti sayuran atau daging.

4. Bisa menambahkan kaldu

Daripada memberikan perasa atau vetsin, Anda bisa memakai kaldu untuk citarasa bubur yang lebih disukai. Selain kandungan yang lebih alami, kaldu daging ayam atau sapi bisa menggantikan penyedap rasa yang mengandung bahan kimia.

5. Masak dengan api kecil saja

Masak dengan api besar bisa membuat air meresap, sedangkan tekstur bubur masih kasar. Tidak cocok untuk memasak bubur khusus bayi yang menjaga tekstur lebih halus dan lembut, ya! Anda yang ingin membuat bubur Nestle pun, wajib mempertimbangkan cara memasak yang tepat sesuai instruksi guna menjaga kandungan gizi pada produk tersebut. Jangan lupa untuk mengaduk bubur sesering mungkin selama proses pembuatan untuk mencegah bubur menggumpal.

Yuk, berikan asupan nutrisi terbaik untuk si kecil dengan memberikan bubur bayi yang berkualitas baik buatan sendiri atau memilih produk bubur bayi instan di pasaran! Pilih bubur Nestle untuk Anda yang tidak ingin repot membuat secara manual yang butuh waktu lebih lama. Toh, kandungan pada bubur instan tetap aman, bebas dari bahan kimia atau pengawet, dan bisa dikonsumsi bayi yang mulai mengenal tahapan MPASI pertama. Bayi bisa lebih sehat serta tumbuh dan berkembang lebih optimal dengan asupan gizi yang tercukupi, ya!